Artikel

Sejarah Kalurahan Pleret

27 Juni 2024 16:21:29  Administrator  39 Kali Dibaca 

        Setiap Kalurahan atau daerah pasti memiliki sejarah dan latar belakang tersendiri yang merupakan pencerminan dari karakter dan pencirian khas tertentu dari suatu daerah. Sejarah Kalurahan atau daerah seringkali tertuang dalam dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun temurun dari mulut ke mulut sehingga sulit untuk dibuktikan secara fakta dan tidak jarang dongeng tersebut dihubungkan dengan mitos tempat-tempat tertentu yang dianggap keramat. Begitu pula Kalurahan Pleret juga memiliki hal tersebut yang merupakan identitas Kalurahan dan yang akan kami tuangkan dalam kisah-kisah dibawah ini.

      Asal Usul ( Sejarah ) Kalurahan Pleret

        Cerita nenek moyang semasa penjajahan Belanda terjadilah peperangan antara Pangeran Diponegoro melawan Belanda, pada waktu itu Pangeran Diponegoro beserta anak buahnya singgah di suatu tempat yang namanya Pos (Menoro) yang bangunannya tinggi terletak di sebelah selatan desa,  bangunan tersebut untuk memantau kapal-kapal Belanda dan tempat peristirahatan Pangeran Diponegoro beserta tentaranya yang dalam bahasa Jawa ”Pelereman”. Dengan demikian cerita nenek moyang kata Pleret diambil dari kata ”Pelereman” dan menjadi Desa Pleret.

        Setelah menjadi Desa Pleret yang luas dan terpimpin oleh seorang lurah, tiap pedukuhan dipimpin oleh seorang dukuh. Mereka semua menjalankan fungsinya masing-masing dengan baik. Sebagai imbalan dari pelayanan mereka mendapatkan lenggah atau bengkok sebagai gaji maupun bayarannya. Namun pada zaman orde baru banyak mengalami perubahan, Desa Pleret yang semula berbentuk  kelurahan sekarang menjadi DESA selanjutnya sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Penetapan Kalurahan penyebutan nomenklatur DESA menjadi KALURAHAN dengan kantor-kantor yang disertai dengan puskesmas pembantu, mushola dan lain-lain. Tiap pedukuhan dipimpin oleh seorang dukuh yang membawahi RT/RW yang dibantu oleh beberapa lembaga lainnya dan juga LINMAS sebagai penanggung jawab keamanan. Mereka semua menjalankan fungsinya masing-masing dengan baik. Sebagai imbalan dari pelayanannya mereka mendapatkan pelenggah atau bengkok sebagai gaji maupun bayarannya.

        Dari masa berdiri sampai sekarang Kalurahan Pleret telah mengalami beberapa  pergantian lurah atau kepala desa. Adapun beberapa nama lurah dan kepala desa adalah sebagai berikut :

  1. Lurah Mangun Diwiryo (        -1945)
  2. Lurah Sastro Miharjo (1945-1976)
  3. Lurah R. Dibyo Sunaryo (1980-1987)
  4. Lurah R. Suwito Atmojo (1989-1997)
  5. Lurah Saladi Hadi Atmaja (1998-2013)
  6. Kepala Desa R. Widayaka (2014-2020)
  7. Lurah R. Widayaka   (2021-2027)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

e-Lapor

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Bendungan KM 1 Pleret, Panjatan, Kulon Progo
Kalurahan : Pleret
Kapanewon : Panjatan
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55655
Telepon : 0
Email : pemdespleretkp@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:100
    Kemarin:314
    Total Pengunjung:159.768
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.112.70
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID