Artikel

PENANGANAN BENCANA POHON TUMBANG DI PADUKUHAN TRUKAN CUBUNG KALURAHAN PLERET

29 Januari 2024 14:48:17  Administrator  60 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pleret – Senin ( 29 Januari 2024) di Kalurahan Pleret beberapa hari ini dengan adanya musim penghujan dan juga disertai angin kencang mengakibatkan beberapa pohon tumbang di sekitar Kalurahan Pleret.

Pohon yang tumbang ini mengakibatkan beberapa fasilitas umum dan bangunan mengalami kerusakan baik sedang maupun berat. Seperti yang terjadi di Padukuhan Trukan Cubung pohon kelapa setinggi kurang lebih 8 meter menimpa rumah hunian milik Ibu Mujirah mengakibatkan beberapa lembar asbes pecah dan genting juga banyak yang pecah, dan untungnya tidak ada korban jiwa.

Dalam penanganan evakuasi pohon tumbang ini dilakukan oleh anggota Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kalurahan Pleret yang selalu siap siaga setiap saat apabila ada bencana pohon tumbang yang mengganggu fasilitas umum dan pribadi langsung dilakukan penanganan. Peralatan yang digunakan yaitu mesin gergaji yang disediakan Pemerintah Kalurahan Pleret, meskipun masih kurang memadai karena ukurannya gergaji kurang besar namun dengan dukungan peralatan seadanya dari warga sekitar semua dapat teratasi dengan baik. 

Penanganan berbagai macam bencana alam ini FPRB "Gatot Kaca" Pleret bekerjasama dengan masyarakat dan selalu koordinasi dengan Pemerintah Kalurahan Pleret, Babinsa dan Babinkamtibmas serta pihak-pihak terkait termasuk jika mengakibatkan Jaringan listrik terputus maka langsung berkoordinasi dengan pihak PLN agar segera tertangani.

Setelah dilakukan evakuasi kami juga membuat laporan tentang data kerusakan yang ditimbulkan akibat pohon tumbang tersebut kepada BPBD Kabupaten Kulon Progo. Dan dari pihak BPBD menyalurkan bantuan kepada kaluarga korban berupa sembako dan lainnya sebagai bentuk kerja sama dan wujud rasa prihatin pemerintah terhadap masyarakat yang tertimpa musibah.

Kami menghimbau kepada masyarakat apabila ada pohon yang berada di sekitar rumah mohon untuk di cek apakah sudah lapuk apa tidak dan kalau memang berpotensi membahayakan mohon segera dikondisikan agar lebih aman dan jika perlu ditebang supaya tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan (musibah).

Semoga kita selalu diberikan keselamatan dalam berbagai hal dan diselamatkan dari musibah bencana alam. Aamiin.

 

(danang)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Bendungan KM 1 Pleret, Panjatan, Kulon Progo
Kalurahan : PLERET
Kapanewon : PANJATAN
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55655
Telepon : 0
Email : pemdespleretkp@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:65
    Kemarin:164
    Total Pengunjung:136.159
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.200.27.215
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

Statistik SID