Artikel

Membangun Karakter Tangguh Bencana Sedari Dini oleh Tim YSI Relawan UMY

18 September 2023 12:50:44  Administrator  444 Kali Dibaca  Berita Desa

Pleret - Memberikan edukasi terkait kebencanaan baiknya dilakukan sedini mungkin, agar mengurangi banyaknya korban saat terjadi bencana. Hal ini juga sebagai wujud dari upaya kesiapsiagaan, guna menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami.

Oleh karena itu, Tim YSI Relawan pada hari Sabtu (16/9) di Masjid Al-Mujahidin Kalurahan Pleret, mengadakan pembelajaran tentang kesiapsiagaan saat terjadi bencana gempa bumi, melalui video edukasi animasi yang menyenangkan.

Ada sebanyak 18 anak yang mengikuti kegiatan edukasi ini, mulai dari umur 5 tahun sampai 11 tahun. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pentingnya kesiapsiagaan saat terjadi bencana alam gempa bumi, edukasi sedari dini membantu anak supaya dapat mandiri dalam menyelamatkan diri saat kondisi gempa. Diharapkan anak-anak TPA Mujahidin dapat memahami pengetahuan tentang penyelamatan diri, sehingga nantinya dapat terbentuk karakter tangguh bencana pada setiap anak.

Kegiatan dimulai dengan mengaji bersama, setiap anak dibagi dalam beberapa kelompok. Kemudian anak-anak TPA diajak bernyanyi bersama, lagu tentang kesiapsiagaan saat terjadi bencana alam gempa bumi.

Selanjutnya mereka diajak menonton video edukasi animasi yang menayangkan tentang hal pertama yang harus dilakukan saat terjadi bencana alam gempa bumi. Setelah itu, mereka diberi pertanyaan seputar materi yang sudah ditayangkan sebelumnya. Anak-anak yang hadir pada kegiatan edukasi ini terlihat sangat antusias, dan bagi yang dapat menjawab pertanyaan diberikan hadiah.

Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan solat maghrib berjama’ah dengan masyarakat sekitar.

(e-P)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Bendungan KM 1 Pleret, Panjatan, Kulon Progo
Kalurahan : PLERET
Kapanewon : PANJATAN
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55655
Telepon : 0
Email : pemdespleretkp@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:95
    Kemarin:178
    Total Pengunjung:138.191
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.141.24.134
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID