Artikel

LOMBA DESA WISATA SAWAH SURJAN KALURAHAN PLERET

03 Agustus 2024 09:32:04  Administrator  35 Kali Dibaca  Berita Lokal

LOMBA DESA WISATA SAWAH SURJAN KALURAHAN PLERET

TAHUN 2024

 

Pleret – Sabtu ( 03 Agustus 2024) Kalurahan Pleret merupakan salah satu peserta lomba desa wisata yang menampilkan Desa Wisata Sawah Surjan yang berada di Padukuhan Pleret Tengah.

Desa Wisata Sawah Surjan Turi Rejo berada di area pinggiran sawah yang berada di Kawasan Padukuhan Pleret Tengah. Kondisi saat ini sudah tidak seperti dulu karena banyak bangunan yang sudah roboh tinggal menyisakan pendopo utama dan gazebo di sebelah utaranya.hal ini terjadi karena sudah usia dan juga bahan bangunan yang kurang sesuai dengan kondisi di lapangan.

Berbagai persiapan sudah dilakukan muali dari rapat koordinasi pelaksanaan kerjabakti pembersihan area sawah Surjan, persiapan homestay, penyajian makanan dan persiapan penyambutan tamu juri dan rombongan, serta penampilan tari dari sanggar tari.

Tim juri dan rombongan sudah tiba di Lokasi sawah Surjan sekitar pukul 13.00 WIB, penyambutan telah dilaksanakan dan dilanjutkan acara. Sambutan dari Kalurahan Pleret yang disampaikan oleh Carik Kalurahan Pleret yaitu Bapak Nur Daryanto, S.Sos.I. Pemaparan dari ketua desa wisata yaitu Bapak Sumarto menjelaskan kondisi geografis dan keadaan di sawah Surjan saat ini termasuk juga paket wisata yang ada. Selesai pemaparan rombongan juri meninjau Lokasi Homestay, dilanjutkan makan siang dan ramah Tamah. Selanjutnya menuju ke UKM produksi peyek di Padukuhan Pleret Lor di rumah ibu dukuh Susilarini, banyak hal di pelajari dan dipraktikan secara langsung pembuatan peyek Lombok dan lainya. Selesai di produksi peyek, rombongan juri menuju sentra pembuatan dawet putih di rumah bapak Haryono. Dalam pembuatan dawet putih ini juga langsung dipraktikan, keseruan terjadi di dalam pembuatan dawet karena proses pembuatannya sangat unik. Setelah setelesai juri dan rombongan mencicipi hasil pembuatannya dan terasa segarr. Acara selanjutnya yaitu melihat anak- anak sanggar berlatig gamelan dan juga tari. Para juri terlihat antusias dalam melihat anak-anak berlatih dan harapannya lebih berkembang lagi. Selesai dalam peninjauan acara dilanjutkan di Pantai Mlarangan Asri disana banyak aktifitas yang dilakukan dari melihat sayur mayur, naik ATV, mencari undur-undur laut dan lainnya.

Acara terakir yaitu evaluasi dari tim juri, dari semua yang ditampilkan ada beberapa hal yang ada di catatan tim juri dan perlu di benahi dan dilengkapi untuk bisa maksimal lagi, secara keseluruhan hasil penilaian cukup baik. Setelah peyampaian evaluasi dilanjutkan makan Bersama, kemudian foto Bersama dan rangkaian acara Desa Wisata selesai.

(danang)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

e-Lapor

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Bendungan KM 1 Pleret, Panjatan, Kulon Progo
Kalurahan : Pleret
Kapanewon : Panjatan
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55655
Telepon : 0
Email : pemdespleretkp@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:32
    Kemarin:129
    Total Pengunjung:171.536
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.21.104.31
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

02 Juli 2020 | 30.917 Kali
Persiapan HUT RI ke-75
24 Juni 2020 | 30.862 Kali
Pencairan Bantuan Sosial
08 Juli 2019 | 30.683 Kali
Aduan
08 Juli 2019 | 30.573 Kali
Maklumat PPID
08 Juli 2019 | 30.559 Kali
Daftar Informasi Publik
08 Juli 2019 | 30.546 Kali
Dasar Hukum
08 Juli 2019 | 30.502 Kali
Mekanisme Layanan

Statistik SID