Artikel

LATIHAN SIMULASI PENANGANAN BENCANA ALAM DI KALURAHAN PLERET

25 November 2023 00:00:00  Administrator  237 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pleret – SABTU ( 25 November 2023) di Kalurahan Pleret telah dilaksanakan kegiatan Sosialissai dan pendampingan penyusunan dokumen Rencana Kontingensi Bencana Gempa Bumi yang mengakibatkan Tsunami oleh mahasiswa KKN dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang tergabung dalam UKM Relawan YSI UMY. Sebagai pemateri yaitu Bapak Winarna dan Bapak Sunardi dari BPBD Kabupaten Kulon Progo.

Kegiatan ini untuk antisipasi terhadap bencana yang terjadi di Kalurahan Pleret, agar dapat mengurangi jatuhnya korban, baik materi dan non materi bahkan untuk mengurangi korban jiwa.

Selain menghadapi musim hujan adanya sisalisasi ini untuk menyelamatkan diri baik secara secara mandiri maupun kelompok dari bahaya gempa bumi dan tsunami. Kalurahan Pleret termasuk di daerah rawan bencana tsunami karena berada di bibir pantai selatan.

Pada kesempatan kali ini akan diadakan Latihan simulasi penanganan bencana alam, yang bertempat di Pantai Mlarangan Asri, Padukuhan Pleret Kidul, Pleret, Panjatan, Kulon Progo.

Simulasi ini dilakukan untuk melatih keterampilan dalam melakukan penanganan pertolongan korban bencana alam, yang mengalami luka baik ringan maupun berat.

Dalam simulasi ini banyak diajarkan di lapangan tentang mengatasi keadaan berbagai macam luka dan lainnya, mulai dari pengelompokan evakuasi . Jadi dalam simulasi ini sangat banyak pengalaman dan ilmu yang didapatkan.

Acara simulasi bencana ini adalah rangkaian puncak acara dari para mahasiswa KKN UMY dalam memberikan ilmu tentang Pertolongan Pertama Kegawat Daruratan.   

Semoga kita selalu diberikan keselamatan dalam berbagai hal dan diselamatkan dari musibah bencana alam. Aamiin.

 

(danang)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Bendungan KM 1 Pleret, Panjatan, Kulon Progo
Kalurahan : PLERET
Kapanewon : PANJATAN
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55655
Telepon : 0
Email : pemdespleretkp@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:140
    Kemarin:160
    Total Pengunjung:138.396
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.139.104.214
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID