Artikel

EDUKASI PEMANFAATAN DAN PEMBUATAN E-COMMERCE SERTA PELATIHAN PENGOLAHAN SAMBAL DALAM KEMASAN

25 November 2021 11:30:32  Administrator  956 Kali Dibaca  Berita Desa

Kalurahan Pleret dikenal dengan produksi cabainya. Cabai keriting memiliki luas panen terbesar dan menjadi salah satu tanaman yang diunggulkan. Masyarakat juga banyak berperan dalam pengolahan lahan tersebut, dibuktikan dengan sebagian besar masyarakat yang berprofesi sebagai petani cabai di Kalurahan Pleret. Pendapatan yang diperoleh setelah panen tentunya menjadi hasil pokok yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun, seperti yang diketahui akhir-akhir ini, harga cabai merah keriting terus mengalami penurunan harga, bahkan sempat menginjak harga di kisaran Rp1.000 sampai Rp2.000 per kg. Akibat hal tersebut, tentunya para petani cabai yang ada di Kalurahan Pleret mengalami kerugian. Padahal, kebutuhan yang harus dipenuhi terus meningkat seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN UPNVY berinisiatif untuk memberikan suatu solusi yaitu dengan mengolah hasil pertanian menjadi sambal dalam bentuk kemasan.

Solusi ini dimulai dengan memberikan edukasi tentang berbagai macam olahan berbahan cabai dan juga jenis-jenis sambal, serta diberikan juga pelatihan mengenai cara membuat sambal, pengemasan yang baik dan cara menjadikannya lebih awet. Untuk pemasarannya, Mahasiswa KKN UPNVY mengusulkan untuk menggunakan e-commerce, yaitu tempat penyebaran, pemasaran, serta proses jual beli barang maupun jasa yang mengandalkan sistem elektronik, sepperti internet, TV, atau jaringan teknologi lainnya. Salah satu e-commerce yang digunakan adalah shopee. Melalui shopee, produk sambal dapat dipasarkan dengan mudah dan dengan cara yang menarik agar produk yang dijual menarik minat konsumen.

Selain karena 'anjlok'-nya harga cabai, alasan memilih solusi ini adalah untuk memanfaatkan pengetahuan teknologi dan juga membiasakan masyarakat untuk mengikuti perkembangan zaman yang ada. Jadi, ketika cabai tersebut diolah terlebih dahulu dan dijadikan sebuah produk 'sambal' tentunya akan menghasilkan keuntungan yang lebih banyak. Solusi ini diharapkan dapat meningkatkan jiwa 'dagang' para masyarakat dan akan memunculkan mata pencaharian baru sehingga pemasukan para petani akan meningkat. 

(KKN UPNVYK)

Instagram : https://www.instagram.com/kknab.76.147.kp/
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCGPg1plnaybZe6Z8jR9wXjA

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Bendungan KM 1 Pleret, Panjatan, Kulon Progo
Kalurahan : PLERET
Kapanewon : PANJATAN
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55655
Telepon : 0
Email : pemdespleretkp@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:328
    Kemarin:181
    Total Pengunjung:137.873
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.145.64.241
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID